E-mail juga bisa dikirim dengan menyertakan dokumen lain sebagai lampiranya yang biasa disebut dengan attachement.Nah, attachement adalah file yang diikut sertakan dalam e-mail yang dikirim.Fasilitas attachement sangat membantu dalam menghemat waktu.Selain itu,juga mempermudah dalam pengiriman surat apabila data yang dikirim jumlahnya banyak.Kita juga bisa mengirimkan foto,gambar,atau program melalui attachement.
Cara melakukan attachement file ialah:
- klik compose yang ada pada e-mail anda
- klik attachement file
- klik browse
- pilih file yang diinginkan
- klik attache file
- pilih done klik send
1. Masuk ke URL/Alamat Email yang dimiliki. contoh GMAIL, http://www.mail.google.com. Maka akan tampil gambar Login Email seperti di bawah.
Kemudian Masukkan alamat Email dan Password
2. Jika Pengisian Email dan Pasword kamu sudah benar, selanjutnya Klik MASUK, maka akan tampil halaman dalam Email kamu seperti gambar di bawah ini :
MELAMPIRKAN FILE DATA (ATTACHMENT)
3. Klik “TULIS” karena akan mengirim email , setelah itu akan muncul kotak dialog pada pojok kanan bawah lalu tuliskan alamat email tujuan, Langkah berikutnya MELAMPIRKAN FILE (ATTACHMENT FILE) yang akan dikirim . Dengan Cara Klik "Lampirkan File" bertanda lingkaran (lihat Gambar) :
4. Jika sudah diklik lingkaran di atas, maka akan tampil kotak Dialog untuk mencari FILE yang akan dilampirkan untuk di masukkan sebagai lampiran Email. Seperti gambar di bawah ini.
Setelah file data ketemu, Klik OPEN. dan tunggu sampai uploading file benar-benar selesai. Setelah itu pilih “KIRIM”,
2. Download attachement pada e-mail
ketika kita mendapatkan kiriman e-mail yang didalamnya terdapat attachement file (file lampiran ), maka sebaiknya kita melakukandownload atau memindahkan pada media lain seperti harddisk,flashdisk,ataupun floopy disk (disket).
Langkah-langkah untuk melakukan download attachement adalah sebagai berikut:
1. Log-in kedalam email Anda.
2. Setelah masuk kedalam email Anda maka akan muncul tampilan seperti contoh gambar dibawah ini:
3. Setelah itu Anda klik email yang masuk tersebut agar bisa melihatnya (Lihat tanda panah merah pada gambar diatas). Setelah diklik maka akan muncul tampilan seperti contoh gambar dibawah ini:
Setelah itu Anda bisa membaca isi email dan juga mendownload file yang ada didalamnya. Lihat tanda panah merah pada gambar diatas lalu klik untuk mendownload-nya.
Setelah itu akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini:
4. Setelah itu klik "Save File", dan klik "OK". Kemudian file akan tersimpan otomatis pada komputer/laptop Anda.
Anda juga bisa langsung membuka file dengan memilih opsi "Open with", kemudian klik "OK"
5. Selesai.
3. Pengelolaan E-mail
Dengan menggunakan e-mail manager kita bisa dengan mudah dan cepat untuk mengirim e-mail.Ketika menuliskan e-mail kita tidak diharuskan online ke internet sehingga bisa menghemat waktu dan biaya. Beberapa contoh aplikasi e-mail : Microsoft Outlook,Microsoft Outlook Express ,Mozilla Thunderbird ,dan lain-lain.
Selain mengelola e-mail menggunakan e-mail manager , kita juga perlu memperhatikan beberapa hal yang perlu diwaspadai ketika menerima e-mail , diantaranya spam , adware , dan , spyware , phising , serta worm.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar